Capaian Pembelajaran
Capaian Pembelajaran (Learning Outcomes) Capaian pembelajaran masing-masing ranah topik menurut APTIKOM dan telah disesuaikan dengan kebutuhan kekhasan Program Studi Informatika, Institut Teknologi Indonesia
Pemprograman
Menganalisis, merancang, dan menerapkan suatu sistem berbasis komputer secara efisien untuk menyelesaikan masalah, menggunakan pemrograman prosedural dan berorientasi objek
Menguasai bahasa pemrograman yang berkaitan dengan program aplikasi untuk memanipulasi data:
Memahami konsep-konsep bahasa pemrograman.
Menguasai teori dan konsep yang mendasari ilmu komputer:
Menguasai bidang fokus pengetahuan ilmu komputer serta mampu beradaptasi dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknolog
Algoritma
Memahami konsep-konsep algoritma dan kompleksitas, meliputi konsep-konsep sentral dan kecakapan yang dibutuhkan untuk merancang, menerapkan dan menganalisis algoritma untuk menyelesaikan masalah:
Menguasai konsep dan prinsip algoritma serta teori ilmu komputer yang dapat digunakan dalam pemodelan dan desain sistem berbasis komputer:
Matematika
Menguasai konsep-konsep matematika untuk memecahkan berbagai masalah yang berkaitan dengan logika
Menguasai prinsip-prinsip pemodelan matematika dan program linear
Menguasai konsep dan teori konsep-konsep struktur diskrit, yang meliputi materi dasar matematika yang digunakan untuk memodelkan dan menganalisis data:
Sistem Cerdas
Menentukan pendekatan sistem cerdas yang sesuai dengan problem yang dihadapi, memilih representasi pengetahuan dan mekanisme penalarannya
Menerapkan pendekatan berbagai sistem cerdas yang sesuai dengan problem yang dihadapi khususnya data analitik
Menerapkan penggunaan representasi pengetahuan dan mekanisme penalarannya
Evaluasi kinerja dari penerapan sistem cerdas yang sesuai dengan problem yang dihadapi, termasuk dalam pemilihan representasi pengetahuan dan mekanisme penalarannya:
Rekayasa Perangkat Lunak
Membangun aplikasi perangkat lunak yang berkaitan dengan pengetahuan ilmu komputer
Menguasai metodologi pengembangan sistem, yaitu perencanaan, desain, penerapan, pengujian dan pemelihaan sistem
Memanfaatkan pengetahuan yang dimiliki berkaitan dengan konsep-konsep dasar pengembangan perangkat lunak dan kecakapan yang berhubungan dengan proses pengembangan perangkat lunak, serta mampu membuat program untuk meningkatkan efektivitas penggunaan Dokumen Kurikulum IF ITI 2017 15 komputer untuk memecahkan masalah yang berhubungan dengan data analitik:
Merancang dan mengembangkan program aplikasi untuk memanipulasi data
Membangun dan mengevaluasi perangkat lunak dalam berbagai area, termasuk yang berkaitan dengan interaksi antara manusia dan komputer
Membangun aplikasi perangkat lunak dalam berbagai area yang berkaitan dengan bidang sistem cerdas, serta bahasa natural yang digunakan untuk web crawling platform dan data as a service:
Menerapkan konsep-konsep yang berkaitan dengan manajemen informasi, termasuk menyusun pemodelan dan abstraksi data serta membangun aplikasi perangkat lunak untuk pengorganisasian data dan penjaminan keamanan akses data
Sistem Komputer
Memahami abstraksi dari ekskusi sebuah program pada sebuah sistem komputer:
Menerapkan konsep konsep yang berkaitan dengan arsitektur dan organisasi komputer serta memanfaatkannya untuk menunjang aplikasi komputer
Menerapkan konsep konsep yang berkaitan dengan pengembangan berbasis platform, serta mampu mengembangkan program aplikasi berbasis platform untuk berbagai area
Merancang sistem keamanannya serta melakukan pengelolaan secara kontinu terhadap proteksi profilyang ada
Menganalisis dan mengembangkan sistem serta prosedur yang berkaitan dengan sistem komputer serta memberikan rekomendasi yang berkaitan dengan sistem komputer yang lebih efisien dan efektif
Sistem Terdistribusi
Memahami prinsip dasar sistem jaringan komputer
Menerapkan algoritma paralel yang dapat memanfaatkan sumberdaya komputasi yang tersedia dengan efisien
Mengembangkan aplikasi sederhana berbasis jaringan
Kecakapan Hidup
Mendemonstrasikan kemampuan komunikasi lisan dan tulisan yang berkaitan dengan aspek teknis dan nonteknis
Berpikir kritis, mengidentifikasi akar masalah dan pemecahannya secara komprehensif, serta mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data
Memiliki integritas profesional dan berkomitmen terhadap nilai-nilai etika
Memiliki sikap untuk belajar seumur hidup (life-long learning)
Memimpin dan bekerja dalam tim, mandiri dan bertanggung jawab terhadap pekerjaannya
Mencari, merunut, menyarikan informasi ilmiah dan non-imiah secara mandiri dan kritis
Beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi dan menangani berbagai kegiatan secara simultan pada berbagai kondisi